Thursday 27 July 2017

Menteri Pariwisata Melaunching Toboali City on Fire Seasion 2



Menteri Pariwisata Melaunching Toboali City on Fire Seasion 2

Jakarta, Koran Investigasi
         Setelah sukses menggelar event Toboali City On Fire ( TCOF ) 1,  Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan pada tahun 2017 ini kembali menggelar TCOF seasion 2 yang bakal digelar pada tanggal 28-30 Juli 2017, acara event ini bertemakan “The Power of Culture” dimana keragaman suku dan budaya perekat bagi persatuan dan kesatuan Bangsa dan merupakan manifestasi dari semangat prularisme demi terjaganya keharmonisan antar etnis, mengangkat pesona seni dan budaya dalam warna kebhinekaan.
        Melalui tema ini diharapkan mampu meningkatkan semangat Nasiolisme dan Prularisme serta melalui pagelaran – pagelaran budaya berbagai suku bangsa di daerah Bangka Selatan yang diharapkan memperdayakan dan melerstarikan budaya lokal.
         Demi suksesnya acara TCOF, maka
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya,  didampingi wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) AbduL Fatah dan Bupati Bangka Selatan  H. Justiar Noer  me-launching even Toboali City On Fire (TCOF) Season II 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu malam (26/7).
       Kegiatan pariwisata TCOF yang diselenggarakan oleh Pemkab Bangka Selatan ini akan berlangsung pada 27-30 Juli 2017, dan telah masuk dalam calender of event pariwisata Kemenpar. Penyelenggaraan dipusatkan di Lapangan Laut Nek Aji Toboali, Bangka Selatan  akan menampilkan 16 event unggulan,    diantaranya Toboali Fashion Carnival yang melibatkan para artis nasional dan mancanegara.
      Menpar Arief Yahya mengapresiasi  penyelenggaraan even TCOF sebagai sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Babel, khususnya Bangka Selatan yang memiliki daya tarik budaya (culture), alam (nature),  dan buatan manusia (manmade) serta memperkuat daya saing pada unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas).
       “Provinsi Babel memiliki atraksi yang menarik, terutama kulinernya. Begitu pula amenitas ada puluhan hotel berbintang dan dalam waktu dekat bertambah satu hotel berbintang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, sedangkan untuk  aksesibilitas sebentar lagi Bandara HAS Hanandjoedin di Belitung menjadi bandara internasional dan akan banyak penerbangan internasional di antaranya  dari Tiongkok sebagai pasar utama,” kata Menpar Arief Yahya.
          Sementara Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyampaikan maksud dan tujuan dari pelenyelenggaraan event TCoF kali ini adalah mempromosikan pariwisata daerah agar dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Bangka Belitung. “Sebagai momentum untuk membangun dan membentuk citra baru bagi sektor kepariwisataan daerah, memperkenalkan dan mengembangkan ragam kesenian dan budaya daerah sebagai daya tarik wisata dan mendukung program kunjungan kementerian RI dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan melalui event pariwisata yang berkualitas,” ujar Abdul Fatah dalam kata sambutannya.
        Sementara untuk acara-acara yang akan diadakan dan dilombakan pada event TCOF 2  adalah Toboali Photo Compettiton, Toboali Fashion Carnival, Toboali Oriental Mural Festival, Bikepacker Tour de Habang, Festival Band, Lomba Melukis Tudung Saji, Festival Tari Kreasi, Festival Barongsai, Festival Layang-Layang, Touring Komunitas Motor, Famtrip Fan City Tour, Nganggung 1000 Dulang, Lomba Pembuatan Film Dokumenter, Pameran UMKM dan Komunitas, Ritual Adat Buang Jung dan Festival Kuliner.
Saat ini, pendaftar dari salah satu event yakni bikepacker tour sudah mencapai 68 peserta dari Nusantara.
          Adapun total hadiah yang dipersembahkan pada event Toboali City On Fire season 2 ini sebesar Rp 237.400.000,00. Sumber dana pada event TCOF ini berasal dari APBD Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan sponsorship pihak swasta.
       "Kami berharap sebelum acara ini digelar, ada baiknya pemda memperbaiki  fasilitas toilet yang menjadi keluhan turis yang berkunjung ke sana. Kalau memang tidak ada anÄ£garan, mari kita cari solusi dengan sama-sama menanggulanginya dengan patungan," tandas Arief Yahya dengan nada meninggi. (Buyil)


0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons