Tuesday 21 April 2015

FLS2N Pangkep Tanamkan Apresiasi Seni dan Sastra Serta Nilai Luhur Bangsa







FLS2N Pangkep Tanamkan Apresiasi Seni dan Sastra Serta Nilai Luhur Bangsa

Pangkep, Koran Investigasi
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang diadakan Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, berlangsung 7 (tujuh) hari Jumat, 13 – 21 April 2015, bertempat di Halaman dan Aula Disdik Jl. A Burhanuddin No. 53 Pangkajene, disambut antusias oleh peserta lomba,  guru dan orang tua murid (20/4).
Menurut Firdaus Umar SPd, Ketua Panitia FLS2N yang juga Kabid Dikdas dalam sambutan tertulisnya, bahwa dalam upaya pemberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa didik di bidang seni dan budaya Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep memandang perlu untuk mendukung program dan kegiatan pemerintah Republik Indonesia dengan melaksanakan FLS2N Se Kabaupaten Pangkep 2015.
Dengan tema “Melalui Seni dan Budaya Kita Tingkatkan Potensi dan Kreativitas Generasi Muda Yang Berkarakter Bangsa”, FLS2N tahun ini diharapkandapat membangkitkan potensi dan kreativitas peserta didik dengan memperlihatkan prestasi karyanya, sekaligus kebanggan bagi dunia pendidikan khususnya dan bagi Kabupaten Pangkep pada umumnya, sehingga dapat mengharumkan nama Kabupaten Pangkep di tingkat nasional.
Pesrta FLS2N yang meraih juara pertama dari setiap cabang lomba tingkat kabupaten, akan mewakili Kabupaten Pangkep ke tingkat provinsi pada Mei 2015 bagi tingkat SMA-SMK dan Juli 2015 untuk tingkat SD, SMP. Selanjutnya peserta yang lulus seleksi tingkat provinsi akan mewakili Sulawesi Selatan ke tingkat nasional Agustus 2015 di Palembang Suamtera Selatan.
 Saat ditemui di ruangan kerjanya, Firdaus Umar menjelaskan FLS2N ini, diikuti dari sekolah negeri serta swasta, bertujuan menggali dan melestarikan seni budaya bangsa Indonesia. Membina serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan sastra. Kemudian mengembangkan sikap kompetitif dalam diri peserta didik yang berwawasan global.
Sedangkan jenis lomba antaranya, Menyanyi Solo, Pidato Bahasa Indonesia, Membuat Gambar Bercerita, Seni Tari Kreasi Baru, Kriya Anyam, Pantomim, Vokal Grup, Musik Tradisional, Baca Al Quran, Cipta Cerpen, Cerita Berbahasa Inggeris, Desain Poster, Seni Lukis, Desain Motif Batik, Cipta Lagu, Cipta dan Baca Puisi, serta Drama.
Untuk jumlah peserta lomba, tingkat SD 130 orang, SMP sebanyak 200 murid,  sedangkan untuk SMA-SMK sampai berita diturunkan belum ada kejelasan berapa persis jumlahnya. Dan mencari Juara I, II, dan III setiap jenis lomba. “Dari peserta lomba ini, mewakili 13 (tiga belas) UPTD setingkat SD dengan maksimal 3 (tiga) peserta yang dikirimkan. FLS2N ini sebenarnya lomba berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, ke tingkat kabupaten, kemudian akhirnya mewakili provinsi ke tingkat nasional,” jelas Firdaus Umar, SPd yang begitu yakin dengan mendapatkan hasil maksimal, karena melibatkan 34 dewan juri yang profesional dan berkompoten serta berkualitas di bidangnya. Andi Syahruddin

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons