Thursday 18 September 2014

Demokrat Tolak Koalisi Merah Putih



Koran Investigasi
 
Setelah Ketua DPP yang Juga Presiden RI SBY melontarkan ucapannya untuk mendukung pilkada Langsung beberapa hari yang lalu akhirnya melalui  Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengatakan partainya telah mempertimbangkan baik-baik keputusan mendukung pilkada langsung. Menurut Amir, pertimbangan itu juga memperhatikan asas manfaat dan asas keadilan untuk rakyat.

"Ya namanya sikap politik itu kan waktunya memperhatikan asas manfaat ya dan asas keadilan," ujar Amir, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (18/9).

Menurutnya, pertimbangan tersebut yang membuat Demokrat akhirnya memutuskan mendukung pilkada langsung. Amir menggarisbawahi dukungan untuk pilkada langsung dengan catatan adanya pembenahan di dalam proses pemilihan tersebut.

"Dengan catatan ada perbaikan, 10-11 perbaikan, pasal-pasal yang menjamin bahwa ekses-ekses, kekurangan-kekurangan yang muncul di pilkada langsung di waktu lalu jangan berulang," jelas Amir.

Setelah Demokran dipastikan menolak Rancangan Undang-undang pilkada yang tengah digodog oleh anggota DPR-RI yang beberapa hari lagi akan mengahabiskan jabatannya dengan rapat pleno maka boleh jadi Koalisi Merah Putih ( Gerindra, Golkar, Pan, Golkar, PPP ) akan keok pada tanggal 25 September 2014 pada saat Voting  digedung MPR-DPR  senayan Jakarta dengan opsi menerima pilkada melalu DPRD atau Menolak.  Dengan demikian Pilkada akan tetap berjalan sesuai agenda reformasi yakni pemilihan Kepala Daerah ( Gubernur, Bupati/Walikota ) tetap dilaksanakan secara Langsung oleh masyarakat. Kini Demokrat telah menolak kehendak koalisi merah putih.

Setelah Demokrat ada Dua Partai lagi yang kemungkinan besar akan terjun keluar dari Koalisi Merah Putih.  Pertama Partai PPP yang sebentar lagi akan muktamar dengan agenda pemilihan ketua umum baru, kemudian yang kedua Partai Golkar dengan pergantian  ketua Umumnya Aburisal Bakri di muktamar 2015 maka yakin mereka partai Golkar juga akan terjun bebas dari koalisi Merah Putih.     * A. Ms Hersandy

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons