Friday 3 June 2016

Musik Balada, Tak Punya Panggung, Kian Nyaris Punah



Musik Balada, Tak Punya Panggung, Kian Nyaris Punah
Jakarta, Koran Investigasi
Rumah Balada Indonesia (RBI) menggelar acara Workshop Balada dan Pagelaran musik Balada sepanjang masa dengan tema "Indahnya Persatuan Indahnya Perdamaian" pada Jumat, 27/5/2016 bertempat di Taman Florina, Lapangan Banteng Jakarta.
Ully Sigar Rusady selain berkecimpung di Sekolah Musik Vidi Vici, dan Yayasan Garuda Nusantara, Ully Sigar juga pendiri Rumah Balada Indonesia (RBI). Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa RBI terbentuk karena dari rasa  keprihatinannya melihat lagu-lagu balada yang sejak dulu kurang mendapat tempat.
"Hari ini ulang tahun yang ke-2 Rumah Balada Indonesia (RBI), bunda sudah 31 tahun nyanyi, untuk musik seperti ini kalau tidak buat panggung sendiri, tidak punya panggung. Saya pikir lebih baik buat wadah, dan 2 tahun lalu bunda mendirikan RBI ini," Jelas Ully yang akrab dipanggil bunda.
Tujuan Ully mengangkat musik balada agar musik balada bisa setaraf dengan musik-musik lainnya di dunia. Ully Sigar menambahkan, bahwa musik balada di mata orang hanya dikenal balada saja. Saat ini musik balada pop liris, cukup mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, walaupun keberadaannya kurang mendapat tempat di panggung-panggung keacaraan.
Pagelaran musik balada itu diramaikan RBI yang datang dari berbagai daerah, masing-masing menunjukkan kebolehannya. Menampilkan lagu-lagu yang bertema Lingkungan Hidup, Nasionalis, Puisi, dari musisi, seniman balada dari seluruh cabang RBI. Acara tersebut berkat kerjasama dengan Asosiasi Prasasti, Yayasan Garuda Nusantara, Sekolah Musik Vidi Vici, Tupperware, dan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Hadir di acara perayaan HUT RBI ke-2 itu Paramitha Rusady (Mitha), juga salah satu pendiri RBI, menurutnya RBI  merupakan cita-citanya, yang mengumandangkan seperti  tahun-tahun terdahulu sejak ia masih kecil, ada lagu-lagu balada, yang dibawakan oleh Leo Kristi, Harry Rusli. Mitha mengakui bahwa lagu-lagu balada adalah lagu pribadi bangsa Indonesia, dan sekarang sudah mulai punah keberadaannya.
Penampilan Mitha malam itu, duet dengan Ully Sigar, "Musim Tanam" yang menang di Sarajevo, dan lagu bertema lingkungan hidup. Diiringi oleh musik band Rusady bersaudara. Selain itu, Mitha menilai musik balada, identik dengan suara rakyat. "Lihat sekarang acara TV kebanyakan dangdut kadang misinya tidak ada makna, coba dangdutan kumpul semua rakyat. Lagu-lagu balada ini lagu-lagu spirit, lagu-lagu balada tentang penyampaian nurani, perasaan rakyat, perasaan semua orang dan penting sekali lewat lagu. Coba kalau zaman dulu, nyanyi lagu yang bermakna tajam ditangkap. RBI didirikan dengan harapan supaya musik balada ini menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ucap Mitha penuh harap. (Karmila)

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons