Wednesday 4 June 2014

Gunung Sangiang Bima meletus

Bima, Koran Investigasi

Gunung Sangiang di daerah Wera Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat Sore, 28 Mei 2014 mengeluarkan Api, itu sempat mengagetkan masyarakat Bima. Meletusnya gunung sangiang ini mengeluarkan api dan abu vulkanik dengan ketinggian 3 kilo meter (km), sehingga menyebabkan abu vulkanik dari daerah Bima sampai ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Ini juga mengakibatkan Arus mudik lewat laut terganggu baik arus menuju ke NTT maupun ke Sulawesi ataupun sebaliknya. Sementara itu hasil konfimasi media Koran Investigasi ke salah satu penumpang yang mau balik ke Bima mengatakan "kita belum berani balik karena masih takut dengan kejadian meletusnya gunung sangiang" ungkap Endang.
Sementara itu gabungan Puluhan Mahasiswa Bima dan Dompu yang mengenyang pendidikan di Makassar baik yang bersatatus Siswa dan juga Mahasiswa menggelar dan turun ke jalan untuk penggalangan dana untuk korban bencana gunung sangiang di Bima. 

Hingga Senin, 2 Juni 2014, abu vulkanik masih turun, tapi intensitasnya menurun. Dan masyarakat kembali ke rumahnya yang mengungsi, namun selalu berhati-hati jika terjadi letusan ulang lagi. “Kami ada kesiapan masker, namun kayaknya masih kurang,” demikian ungkap dari beberapa orang warga dilikasi yang terkena dampak letusan Gunung Sangiang Tersebut. * Jaidun/AS


0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons