Monday 1 June 2015

Genjot Prestasi Lewat Program Unggulan



  
Genjot Prestasi Lewat Program Unggulan

 Makassar, Koran Investigasi

SD Negeri Paccinang yang berlokasi di Jl. Cambajawayya No. 11 Kec. Panakkukang Makassar, sudah menjadi pilihan favorit orang tua untuk mengikut sertakan anaknya di lembaga pendidikan yang satu ini. soalnya program-program unggulannya sudah teruji, dan menjadikan siswa-siswinya berprestasi, baik akademik maupun di luar akademik.
Sekolah dasar yang membina anak didiknya menjadi murid yang berpotensi, dengan relevansinya pada peningkatan profesionalisme para guru. Juga terus ditingkatkan kualitas belajar melalui metode paikem atau yang disebut Pembelajaran Aktif Efisien dan Menyenangkan.
Menurut Muh Yusuf Saleh, SPd Kepsek SD Paccinang, akan meningkatkan mutu proses pembelajaran, sehingga  output  pendidikan yang dihasilkan tentu berkualitas, dalilnya. Untuk itu, Muh Yusuf senantiasa menjaga agar tetap pada sistem belajar-mengajar yang sudah ditentukan.  
“Kita kembangkan mutu belajar siswa sesuai dengan visi sekolah, berilmu, terampil, andal dan berprestasi berlandaskan iman dan taqwa yakni meningkatkan mutu belajar siswa dengan cara tingkatkan kualitas profesionalisme guru melalui Paikem,” ujarnya dengan sangat yakin.
Program unggulan lain lanjutnya, adalah kegiatan ekstrakurikuler dimana siswanya dianjurkan atau diperbolehkan ikut pada aktivitas di sekolah yang non akademik, seperti Eskul Drumband yang sangat populer di SD Paccinang. Grup Drumband SDN Paccinang melibatkan sekitar 70 siswa, jelas mereka diseleksi katanya ketika itu, karena banyak murid yang mendaftar, dengan notabene  didukung oleh orang tuanya.
Masih kata kepsek, meski baru terbentuk,  namun antusias untuk bergabung tidak dapat terbendung. Seleksi murid sekolah berdasarkan kriteria yang disyaratkan, kemudian berhasil mengumpulkan kurang lebih 70 anggota yang hingga kemarin mengikuti ajang O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional).
Menghadapi olimpiade pada saat itu kisahnya, semua anggota secara rutin berlatih dalam sepekan terakhir. Pasukan yang terdiri 36 penari dengan menggunakan bendera dan dua mayoret dan satu orang dirigen kompak membentuk formasi dan instrumen  agar berhasil menjadi juara di O2SN tahun ini.
“Kami berhasil mempersembahkan defile yang terbaik dengan Juara I O2SN Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Se Kota Makassar Tahun 2015 mewakili UPTD Panakkukang yang dilaksanakan di Stadion Andi Mattalatta Makassar,” ungkapnya dengan senang hati, karena akan mewakili Kota Makassar Ke Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2015.
Hasil prestasi itu, Drumband Ivana Dana SDN Paccinang mendapat acungan jempol dan respon dari Pemprov Sulsel dengan mendapatkan kesempatan pada penurunan bendera 17 Juni yang dikenal dengan Parade Senja di Rujab Gubernur Sulsel.
Lebih jauh dijelaskan, bahwa penggunaan Informasi Teknologi (IT) diperkenalkan sekolah kepada siswanya, dengan pengajaran komputer. “Ada mata pelajaran komputer pada siswa, melalui LCD proyektor, “  jujurnya.
Tanggapnya, dengan perkembangan informasi dan teknologi sekarang ini, kemudian berharap siswanya bisa memanfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhannya dan tidak salah menggunakan IT tersebut. Andi Syahruddin

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons