Sunday 4 May 2014

Pramuka Peduli Lingkungan


Jakarta, Koran Investigasi

Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Gerakan Pramuka membentuk Satuan Karya (SaKa) Kalpataru ,yang disahkan dalam Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka di  Nomor: 13/Munas/2013 pada  tanggal 5 Desember 2013.  Pelantikan yang di Pimpinan langsung Satuan Karya Kalpataru Nasioanal untuk masa bakti 2014 - 2019 oleh  Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ,DR. H. Adyaksa  Dault, SH, M.Si, bertempat  di  kantor Kementerian Lingkungan Hidup Jakarta  ( 30/4 ).  
Kupang Nusa Tenggara Timur. Hal ini, dituangkan melalui SK Musyawarah Nasional

Pelantikan ini dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Profesor. DR.Balthasar Kambuaya, MBA. Dalam sambutannya,  lebih banyak  membahas soal   isu Lingkungan untuk pengelolaan sampah. Menurutnya, perubahan  iklim dan konservasi keanekaragaman hayati sekaligus dapat membentuk generasi muda yang ramah pada lingkungan hidup.  “Perubahan iklim yang ekstrim selama terakhir ini, mestinya membuat kita bisa peduli  pada  lingkungan,” ungkapnya.  Lebih jauh jauh lagi, didalam Gerakan Pramuka selanjutnya, dicermati akan melibatkan LSM, dan dunia usaha serta berbagai pihak yang memiliki kepedulian dalam mendukung pengembangan Saka Kalpataru.

Sampai saat ini Saka Kalpataru telah terbentuk di 11 Kwartir Daerah (Provinsi) yaitu Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Nusa Tenggara Timur, serta  66 Kwartir Cabang (Kabupaten atau Kota ). Satuan Karya diperuntukan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16 sampai 25 tahun. * Didi wj/AS

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons