Tuesday 21 July 2015

Lomba Takbir Keliling Kendaraan Hias






Bima, Koran Investigasi
Sudah menjadi kalender tahunan bagi Umat Islam di Bima ungkap PBHI, bahwa untuk menyambut datangnya  Hari Besar Islam (HBI ) seperti Hari Idul Fitri dimana hari kemenangan bagi  Umat Islam seluruh dunia, maka pantaslah jika dimeriahkan suka cita dengan kegiatan-kegiatan islami katanya.
Dimana kegiatan lomba takbir keliling hias yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksanaan Hari Besar Islam ( PBHI )  tingkat Kecamatan Sape. Di ikuti oleh 12 rombongan kafila terdiri dari perwakilan instansi terkait yaitu UPTD Dinas Kesehatan Rumah Sakit Plus Sape dipimpin langsung oleh Kepala UPTD  Jainudin,SKM.
Untuk tingkatan SD diwakili SDN Bugis dipandu langsung oleh Kepala Sekolah Ridwan, S.Pd. Tingkat SMP diwakilih  SMP Negeri 1 Sape dikomandoi Kepala Sekolah M.Jafar, S.Pd, M.Pd .  Tak lupa turut serta komunitas mahasiswa dan SMA.
Menurut beberapa panitia, ada beberapa instansi/lembaga terkait tidak ikut, padahal sudah dilayangkan surat oleh camat Sape. Meski demikian  dalam perayaan kegiatan tersebut, euforia kendaraan hias bernuansa islami masih tetap dimunculkan para rombongan kafila seperti bentuk Ka’bah, Mesjid, Ikan Raksasa, Burung Walet, Perahu Nabi Nuh,  dan juga seperti spanduk Ucapan selamat Idul Fitri.
Muhaimin, S.Adm Camat Sape menjelaskan, bahwa perayaan hari kemenangan dengan bentuk kegiatan takbir keliling kendaraan hias sudah menjadi hajatan tahunan , sudah menjadi budaya dan hal biasa dilaksanakan setiap tahunnya atau setiap Idul Fitri dan Idul Adha. Ia tambahkan kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kita Kepada Tuhan Y.M.E.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini juga berpartisipasi langsung keamanan dan ketertiban  Kapolsek Kecamatan Sape Kompol  Rudy Kurniawan, S.Kom beserta seluruh jajarannya juga unsur TNI terlibat langsung oleh Danramil Sape Kapten Ahmad besera seluruh personilnya.
Rasa antusias masyarakat untuk menonton dan memeriahkan kegiatan menyambut hari kemenangan ini sangat besar, sebagai bentuk dukungan pada acara fenomenal. “Untuk tahun depat kita undang semua instansi, seperti SDN, SMP, SMA dan juga seluruh desa Se Kecamatan Sape. Tahun ini hanya  desa – desa dalam kota saja yang ikut serta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur kita sebagai orang Islam, patut kita merayakannya,jelas Muhaimin, S.Adm Camat Sape dengan bangga melihat peserta dan penonton banyak.
Dalam lomba takbir keliling hias tersebut diumumkan langsung  sebelum shalat Idul Fitri di Lapangan Semangka Desa Naru Kecamatan Sape yang dimenangkan 1. Remaja Masjid Al – Hidayah Desa Sangia 2. Remaja Masjid Jamil Arahman Desa Rai oi 3. Remaja mesjid Al- Hasanah Desa Na’e. Saat itu pula diumumkan  Zakat Fitri dan Zakat Mal berhasil dikumpulkan Rp 400.000.000.
Dalam kegiatan lomba  takbir keliling yang dilaksanakan tahun ini sebagai bentuk kemeriahan untuk penyambutan Kecamatan Sape  sebagai calon Ibukota Kabupaten Bima Timur, yang lagi diusulkan pemekarannya. (Edy Mulyadin)

0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons