Wednesday 17 June 2015

Ramadhan Serentak Pada Kamis




Ramadhan Serentak Pada Kamis

Jakarta, Koran Investigasi
Kementrian Agama RI menentukan mulai Ramadhan pada Hari Kamis, 18 Juni 2015. Sebanyak 36 orang disebar oleh Kemenag dari wilayah Timur dan Barat Indonesia untuk memantau fenomena alam terkait Hilal.
Sidang Isbad dimulai pada pukul 18.30 WIB, Jadi awal puasa dilakukan dengan serentak atau bersama baik dari NU dan Muhammadiyah.
" Menjelang magrib posisi Hilal dibawah ufuk. Bisa disimpulkan tidak ada satu bukti secara astronomis tidak bisa dilihat. Dengan hasil ini Umat Islam melakukan puasa serentak," Ungkap Lukman Hakim Saifuddin kepada awak media.
Kemenag juga berharap melalui ini agar umat Islam dapat terbangun kebersamaan dalam melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan dan bersama merayakan Hari Raya Idul Fitri.
"Dilihat dari sidang Isbad,puasa disempurnakan menjadi 30 hari," Jelas  Alumni Gontor, Jawa Timur itu. 
Selanjutnya Menag berharap Majelis Ulama Indonesia (MUI) bisa memimpin dan memprakarsai kebersamaan selanjutnya atau seterusnya.
Dia juga menyinggung soal sweeping agar saling menghormati dan untuk hal tersebut, dia juga telah berkoordinasi kepada Ormas Islam, selebihnya menyerahkan pada pihak yang berwenang demi kenyamanan bulan suci Ramadhan, katanya. (Didi wj )


0 comments:

Post a Comment

Baca Juga ?

Social Icons